Kunjungan Siswa Internasional di SMA Ar Rohmah Dau

Kedatangan siswa internasional dari negeri jiran menjadi topik panas di sekolah Ar-Rohmah Putra pada sabtu (25/05/2024). Kedatangan siswa dari Malaysia disambut baik oleh guru dan anggota GPH SMA Ar Rohmah. Kurang lebih ada sekitar 30 siswa dari Malaysia dan 10 dari SMAN 1 Lawang serta beberapa pendamping yang datang ke SMA Ar Rohmah. Sebelumnya mereka berkunjung ke beberapa lembaga pendidikan lain seperti UMM dan beberapa SMAN malang. Mereka bermaksud untuk mengenal lebih dalam tentang boarding yang ada di indonesia sekaligus berwisata di Malang dan sekitarnya.

Para siswa di arahkan menuju kantor direksi untuk presensi. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al Quran. Selanjutnya para peserta di berikan pemaparan materi yang di sampaikan oleh ust Muhammad Said, S.Si, mereka sangat antusias medengarkan sambutan dan pemaparan yang disampaikan, dan banyak memberikan pertanyaan pertanyaan yang menarik kepada ust Muhammad Said., S.Si. Selanjutnya peserta study banding diantar Gerakan Pandu Hidayatullah (GPH / OSIS) SMA Ar Rohmah untuk berkeliling di pondok dan sekolah serta melihat lihat kegiatan yang ada di dalam pondok.

Antusiasme guru dan siswa saat kunjungan Siswa Internasional Malaysia
Pembukaan Kunjungan siswa internasional Malaysia
Pembukaan Kunjungan siswa Internasional Malaysia
Siswi malaysia yang berkunjung ke SMA Ar Rohmah Dau
Siswa Malaysia yang berkunjung ke SMA Ar Romah Putra

Menurut salah satu siswa Malaysia yang berkunjung, Ar Rohmah memiliki ciri khas yang unik dan membuat mereka terkesan begitu menginjakkan kaki di Ar Rohmah Putra. Mulai dari bangunan depan hingga bangunan yang terletak paling belakang seperti asrama “Besar, bangunan yang besar, luas dan itu menurut kami unik sehingga kami kagum dengan boarding ini” ungkap seorang siswi asal Malaysia yang berkunjung di SMA Ar Rohmah Putra. Tak hanya itu menurut mereka sistem yang ada di Ar Rohmah juga menarik, karena selain fokus dengan akademik hafalan Al Quran nya juga bagus. Udara di sini juga segar dan sejuk, lingkungan di sini menjadi impian mereka untuk memiliki boarding yang sama seperti Ar Rohmah.

Selain berkunjung ke Ar Rohmah, tujuan mereka ke Indonesia adalah untuk berwisata di Malang dan sekitarnya. Setelah dari Ar Rohmah mereka berencana untuk mengunjungi Jatim Park dan Bromo untuk tujuan wisata mereka. Selain itu dengan adanya study banding seperti ini para peserta lebih paham tentang masyarakat Indonesia dan budaya  yang ada di sana, “Senang, karena biasanya cuma di sosmed, kita kagum dengan kesopanannya apalagi ketika melihat tarian Indonesia” ungkap salah satu peserta study banding. makanan yang ada di Indonesia juga menjadi tujuan beberapa siswa asal malaysia tersebut karena menurut mereka makanan disini enak-enak.

Pada hari senin mereka kembali ke juanda setelah sebelumnya melaksanakan penutupan di SMAN 1 Lawang karena pada bulan oktober nanti akan ada kunjungan juga dari SMAN 1 Lawang ke Malaysia, “Kami balik ke Surabaya hari senin dan balik  ke Malaysia hari selasanya”. Harapan mereka dalam study banding ini adalah selain refreshing, juga mendapat teman dan relasi dari Indonesia serta mengenal lebih dalam tentang sekolah-sekolah di Indonesia Khususnya yang ada di Malang. (red-humasGPH)

Siswa Malaysia bersama Anggota GPH SMA Ar Rohmah Malang
Siswa Malaysia bersama Anggota GPH SMA Ar Rohmah Malang

Berita Populer