Penilaian Kinerja Kepala Sekolah di SMAS Ar Rohmah Dau: Sukses Menghadapi Tantangan Pendidikan dengan Kurikulum Merdeka

Bapak Mokh. Agung Santoso, S.Pd., M.Pd.
Bapak Mokh. Agung Santoso, S.Pd., M.Pd., saat melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah di SMA Ar Rohmah Dau Malang

Malang – SMAS Ar Rohmah Dau, menggelar acara penting yang merupakan bagian integral dari upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah yaitu Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang setiap tahun dilaksanakan untuk memantau sekolah melalui keaktifan dan peran serta kepala sekolah sebagai ujung tombak dari sebuah institusi pendidikan seperti SMAS Ar Rohmah Dau Malang.

Pelaksanaan PKKS di SMAS Ar Rohmah Dau pada tanggal 30 November 2023 adalah langkah positif dalam menjawab tantangan pendidikan di era yang terus berkembang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kepala sekolah dalam mengelola dan memajukan institusi pendidikan. Hal ini sejalan dengan semangat peningkatan kualitas pendidikan nasional yang menjadi fokus pemerintah. Kepala sekolah memiliki peran sentral dalam mengarahkan kebijakan dan menjamin efektivitas pembelajaran di sekolah.

Kehadiran dan Pemahaman Pengawas Cabang

Kegiatan PKKS di SMAS Ar Rohmah Dau mendapat kehormatan dengan kehadiran dua pengawas cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, yaitu Mokh. Agung Santoso, S.Pd, M.Pd. dan Eko Prasetyo, S.Ag, M.Pd.I. Kedua pengawas ini memiliki pengalaman dan keahlian yang luas di bidang pendidikan, sehingga penilaian mereka diharapkan dapat memberikan gambaran yang akurat terkait kinerja kepala sekolah.

Sebelum memulai penilaian, mereka menyampaikan tujuan dan mekanisme evaluasi kepada kepala sekolah dan staf. Pemahaman yang jelas terhadap parameter penilaian diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan keobjektifan proses PKKS.

Eko Prasetyo
Bapak Eko Prasetyo, S.Ag., M.Pd.I, Pengawas Muda Cabang Dinas Kabupaten Malang

Bapak Eko Prasetyo, S.Ag, M.Pd.I, sebagai pengawas muda Cabang Dinas Kabupaten Malang menyampaikan bahwa Ruh dari kurikulum merdeka sebenarnya sudah disampaikan oleh panutan dan suri tauladan umat islam yaitu, Baginda Nabi besar Muhammas SAW, yaitu diantaranya “belajarlah sampai akhir khayat“, karena pada kurikulum merdeka ini pembelajaran bukan berorientasi pada guru namun lebih dititikberatkan pada peserta didik terhadap kemampuan masing-masing peserta didik. kemudian yang kedua adalah Didiklah anakmu sesuai zamannya“, tidak dipungkiri bahwa zaman semakin modern, dan perubahan yang terjadi sudah tidak sesuai dengan zaman kita waktu kecil dulu, lanjut tutur beliau.

Kesiapan SMAS Ar Rohmah Dau

Sebagai upaya memastikan kesuksesan PKKS, SMAS Ar Rohmah Dau telah melakukan persiapan secara menyeluruh. Tim persiapan PKKS dan beberapa guru terlibat aktif dalam proses persiapan, termasuk menyiapkan dokumentasi yang dibutuhkan sebagai bukti fisik untuk penilaian. Selain itu, mereka juga melakukan evaluasi internal untuk memastikan bahwa semua aspek yang menjadi fokus PKKS telah tertata dengan baik.

Tahapan-tahapan kompetensi di persiapkan dengan baik dan rapi mulai dari mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam kompetensi masing-masing guru, seperti notulen, dokumentasi, serta laporan-laporan kegiatan yang ditelah dilakukan oleh kepala sekolah dan guru.

Waktu demi waktu dilalui oleh tim PKKS demi tercapainya kebutuhan atas bukti fisik pada masing-masing kompetensi. Hampir setiap hari tim persiapan PKKS bekerja sampai larut malam dengan merelakan waktunya untuk bersama terkasih dan tersayang yang berada dirumah demi terlaksananya kegiatan PKKS dengan baik. Mereka yang terdiri dari ustad Amri, ustad Mahfud, ustad Akbar dan ustad Rosyid, pantang menyerah sebelum bukti fisik dapat terkumpul menjadi bagian-bagian yang dibutuhkan dalam kompetensi.

Hasil dan Rekomendasi

Setelah melalui serangkaian kegiatan evaluasi, bapak pengawas memberikan umpan balik konstruktif kepada kepala sekolah dan tim PKKS. Hasil penilaian ini menjadi landasan untuk menyusun rekomendasi dan langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan oleh SMAS Ar Rohmah Dau guna meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan di masa mendatang selain itu bapak pengawas memberikan dimensi eksternal yang penting untuk memastikan evaluasi yang obyektif dan menyeluruh. Diharapkan, hasil dari PKKS ini akan menjadi dasar untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di SMAS Ar Rohmah Dau, menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif, dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia

Foto bersama saat pelaksaan PKKS SMAS Ar Rohmah Dau
SMA Ar-Rohmah dau melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS). Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin.

Berita Populer